18 Mei 2008

Tips Begadang

Begadang? Wahh... Anda pasti pernah ya!
Ketika begadang n mengerjakan tugas, yang terasa oleh Anda pasti bosan, malas, ngantuk, wah masih banyak mood2 buruk lainnya.
Untuk mengatasi semua mood buruk itu, berikut ini ada beberapa tips yang mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda.


Minum Kopi
Ini adalah konsumsi wajib orang yang begadang. Kopi mengandung caffeine yang akan menaikkan denyut jantung sehingga meningkatkan suplai oksigen keotak. Inilah yang menyebabkan Anda tidak bisa tidur walau badan udah lemes dan lelah. Bagi pecandu kopi yang udah kebal bisa menaikkan kekentalan kopi. (efek sampingnya jantung berdebar lebih cepat, sering kencing dan addicted)

Makan Cemilan Ringan
Teman begadang agar tidak bosan. Cemilan membuat mulut kamu sibuk mengunyah sehingga membuat kamu lebih segar. Asal jangan sampe kekenyangan. Kenyang membuat lambung kerja lebih keras sehingga membutuhkan oksigen lebih banyak, oksigen dalam darah yang tersuplai keotak akan terkurangi dan membuat kamu mengantuk.

Hiburan
Hiburan bisa jadi dengan mendengarkan musik atau menonton TV .Sebenarnya ini relatif, tergantung kepribadian kamu.
Mungkin kamu adalah tipologi orang yang lebih semangat dan konsentrasi bila ada musik. Suasana hening membuat kamu bosan dan mengantuk.
Bisa juga kamu orang yang malah merasa terganggu bila ada musik. Musik malah memecah konsentrasi kamu ketika mengerjakan tugas.

Ditemani
Suasana bosan ketika begadang bisa hilang kalo ada teman. Dengan adanya teman, tugas atau pekerjaan bisa lebih cepat selesai (bila ia ikut membantu tugas kita^^). Selain itu ada teman ngobrol, entah bertanya, diskusi, curhat, dsb untuk mengisi kebosanan. Adanya kawan juga bisa memotivasi semangat kamu dalam mengerjakan tugas. Kalau kamu tertidur juga bisa dibangunin.

Tidur Sejenak
Bila kamu udah lelah dan sangat ngantuk, tidurlah sebentar untuk kesehatan kamu. Karena kondisi badan segar setelah bangun akan meningkatkan kinerja lemburan kamu.
Sebaiknya kamu tidur kira-kira 20 menit hingga 1 jam saja. Tidur dengan waktu sesedikit itu harus berkualitas. Kualitas tidur bisa kamu dapatkan bila kamu tidur ditempat yang nyaman dan kondisi badan yang bersih.
Tapi jangan lupa. Jika kamu tidur, harus ada jaminan kamu bangun. Entah alarm HP, jam beker, orang tua, ataupun teman harus bisa membangunkan kamu. Setelah bangun jangan lupa cuci muka atau wudlu.

Bergerak
Ketika mengerjakan tugas dan tubuh terasa lemes dan males, jangan biarkan itu berkelanjutan. Bergeraklah sedikit ketika mengerjakan tugas dengan gerakkan kaki, menyanyi, atau gerakkan tangan. Bila malah gak bisa konsentrasi, tiap 1 jam atau tiap kamu merasa bosan, hentikan pekerjaanmu kemudian stretching dan lakukan beberapa gerakan olahraga (push up, sit up, lompat tali, dan sejenisnya) 1-3 menit saja agar denyut jantung naik sehingga membuat badan lebih segar.

Motivasi dan Komitmen
Semua hal diatas tidak akan berguna bila kamu tidak berkomitmen. Dengan komitmen yang sangat tinggi kamu bahkan tidak memerlukan semua hal diatas. Carilah motivasi2 tertentu yang akan memperkuat komitmenmu. Motivasi apapun yang positif maupun negatif, motivasi yang makro(jangka panjang)maupun yang mikro (jangka pendek) Entah pingin ibadah cari ilmu, membahagiakan Ortu (umum banget), menarik perhatian cewek inceran, saingan sama musuh, membuktikan diri ke dosen, meneguhkan eksistensi (gak dianggep ada karena prestasi pas2an^^) dan banyak lagi motivasi lainnya.

1 komentar:

iDaites mengatakan...

Urang ge nyaho..hehehehehehehe...